Rabu, 01 Februari 2012

Penambahan Script NPC

Ini adalah bagian yang paling penting dalam proses penambahan NPC. Supaya ntar terbaca di dalam RO nya, ada 1 hal yang perlu ditambahin di satu file. Yaitu file yang namanya scripts_custom.conf. File ini adanya didalam folder npc.
Kalau kalian lupa nambahin data di file ini, sewaktu restart server, NPC yang baru kalian masukin dengan cara @loadnpc, bakalan hilang. Dan harus di @loadnpc lagi. So, jangan sampai ketinggalan bagian ini ya..

Sekarang gw kasih contoh langkah"nya..
Nama File Script NPC yang mau ditambahin : woe_setter.txt

  • Buka file scripts_custom.conf
Ntar bakal muncul yang ginian



  • Tambahin dibagian paling bawah nama file script yang mau kalian masukin

  • Save.
  • Ada 2 Cara untuk munculin NPC yang udah kalian Save kedalam RO nya.
    • Cara 1, sehabis kalian Save, bisa Restart server nya dan nyalain lagi. Ntar otomatis NPC yang kalian tambahin bakal langsung ada didalam RO kalian. Kalau NPC yang kalian masukin gak ada NPCnya, berarti ada yang salah didalam Script NPC kalian. Dan silahkan di cek lagi Script nya.
    • Cara 2, sehabis kalian Save, Server gak di Restart juga gak masalah. Bisa dimunculin langsung dari dalam game dengan command Admin/GM @loadnpc. Berdasarkan contoh di atas, Penulisan untuk loadnpc nya seperti ini.. @loadnpc npc/custom/woe_setter.txt .Kalau NPC yang kalian masukin gak ada NPCnya, berarti ada yang salah didalam Script NPC kalian. Dan silahkan di cek lagi Script nya.
    Contoh penulisan didalam game :



    Ada beberapa hal yang perlu diingat :
    • Yang pertama, kalau kalian nambahin NPC dengan cara ke 2, kalau kalian 2x gunain command @loadnpc yang sama , misalkan kalian udah @loadnpc npc/custom/woe_setter.txt ( sebelum restart server ), kalian @loadnpc npc/custom/woe_setter.txt lagi, NPC yang sebelumnya bakal tetap ada dan ada juga NPC yang sama dengan yang sebelumnya. Dengan kata lain, NPC nya jadi Double.
    • Yang kedua, kalau kalian mau update isi script NPC yang udah ada, NPC yang udah ada sebelumnya perlu kalian Kill dulu pake char Admin.. Caranya, klik kanan di NPC, Pilih Kill "nama npc"...

    Sip.. Proses Penambahan NPC Selesai.. Kalau ada yang masih gak ngerti n mau ditanyain, comment aja ya :D

1 komentar:

  1. permisi min, saya mau tanya tentang kill NPC Guide yg di tengah2 prontera
    kenapa saya ga bisa kill NPC itu? mohon pencerahan nya min
    bsa bales ke email saya ijha_ajah@yahoo.com
    makasih ya min

    BalasHapus